Cara Back Up Dapodik 2013


back up dapodik 1Salah satu cara mengamankan data dapodik yang sudah kita kerjakan adalah dengan cara memback up data atau membuat cadangan data yang sudah kita isikan di aplikasi. Operator Sekolah wajib memback up dapodik agar sewaktu-waktu jika terjadi gangguan baik kerusakan komputer, terkena serangan virus dan lainnya, Data yang sudah kita masukkan aman. Sehingga kita tidak perlu mengisi ulang dari awal.
Jika pada dapodik 2013 lalu disediakan tombol untuk mendownload database dapodik, yaitu datanya biasa dinamakan “back up lokal”. Nah pada dapodik 2013 ini tidak disediakan lagi. Back up yang disini dimaksudkan yaitu:

1. Memindahkan dan atau menggandakan aplikasi dapodik dari satu komputer ke komputer lain dengan catatan OS (sistem operasi sama dengan komuter yang pertama kali diinstal dapodik, Jika saat instalasi dan pengisian dapodik memakai windows 7 maka untuk memindah, menyalin aplikasi juga menggunakan Windows 7

2. Sebagai cadangan database, jika sewaktu-waktu laptop yang kita gunakan bermasalah/rusak sehingga harus menginstal ulang komputer atau aplikasi.

Ada beberapa tahapan dalam memback up data dapodik 2013 ini
  1. Mematikan sementara layanan aplikasi di komputer
  2. Mencopy/menyalin data aplikasi yang tersimpan di drive C Komputer/Laptop
  3. Menjalankan kembali aplikasi di komputer
A. Mematikan layanan aplikasi dapodik di komputer

Yang dimaksud disini bukan berarti menutup browser chrome atau firefox namun mamtikan aktivitas aplikasi dapodik di service lokal.

1. Caranya Klik tombol START, letaknya dibagian pojok kiri paling bawah atau ketikkan Run pada kotak “search program…” akan muncul program Run di atas, klik Run. Tunggu sesaat akan muncul seperti gambar di atas Ketikkan services.msc pada kotak yg tersedia, klik OK

2. Saat sudah masuk ke menu services.msc cari aplikasi dapodik dan dapodikdas Klik DapodikdasDB akan muncul pilihan di sebelah kiri, klik STOP the service, tunggu sebentar Klik DapodikdasWebSrv klik STOP the service , tunggu sebentar. Lalu close, (Klik tanda silang merah)

cara memback up dapodik
B. Mengcopy file aplikasi dapodikdas di drive C:

Buka My Computer > C; System > Program Files> Dapodikdas

Lihat dua buah folder bernama dan dataweb di bawah. COPY kedua folder tersebut, masukkan/paste  ke flashdisk/data D, ini akan memakan cukup waktu. Namun akan lebih baik lagi kalo kita sebelum mengkopi paste hasil backup, terlebih dulu membuat folder khusus backup.

membuat database atau back up lokal dapodik 2013
SELESAI sudah tahapan BACK UP database dapodik. mengapa mematikan layanan perlu dilakukan? Jika ini tidak dilakukan akan gagal saat memindah folder database dan dataweb ke flash disk dalam artian data yang dipindah tidak sempurna.

Nah jika Anda ingin menggandakan ataupun memindahkan aplikasi nya di laptop lain, silakan instal dan registrasi dulu Dapodik di laptop lain yang akan digunakan. TENTUNYA dengan username (email) dan password yang sama) serta OS komputer juga sama (lihat sebelumnya sudah saya tegaskan)

Tahapan memasang aplikasi dapodik di laptop lain tanpa kehilangan data dapodik di komputer sebelumnya
Tahapannya setelah selesai registrasi, kita matikan dulu layanan dapodik di laptop (lihat kembali tahapan A Mematikan layanan aplikasi dapodik di komputer) diatas Masuk lalu masuk ke My Computer > C; System > Program Files> Dapodikdas

Silakan pilih 2 cara berikut:
1. Silakan hapus dua folder database dan dataweb di C tadi, lalu masukkan folder database dan dataweb yang ada dalam flashdisk ke folder Dapodikdas, Hal ini bertujuan mengganti data dapodik yang masih kosong di aplikasi dapodik komputer baru dengan data dapodik dari komputer lama yang sudah kita isi, atau selesai kita kerjakan. Data tidak akan hilang dari dapodik komputer lama.
2. Boleh juga langsung /mempaste / memasukkan folder database dan dataweb ke dalam folder dapodikdas (My Computer > C; System > Program Files> Dapodikdas) tadi.
Lihat gambar di bawah: Jika Anda menemukan / muncul tampilan di bawah
1. Pilih/Klik Copy and Replace
2. Centang Do This for the next ….
3. Skip

3. Menjalankan kembali aplikasi services dapodik di komputer

Untuk menjalankan Aplikasi dapodik dengan data yang sudah pernah kita kerjakan kita nyalakan kembali services lokal dapodik, liha cara A. mematikan layanan….. bedanya disini kita akan menyalakan, kalo tahap pertama tadi mematikan layanan aplikasi di laptop.

Klik DapodikdasDB, klik start lihat di sebelah kiri (tunggu sebentar)
Klik Dapodikdas WebSrv klik Start (tunggu sebentar)
Jika sudah berjalan ditandai dengan status started pada keduanya
   back up lokal dapodik 2013
Buka Aplikasi dapodik, maka data-data PTK, Sekolah, Siswa yang sudah pernah kita kerjakan tidak hilang.

Perhatikan benar-benar langkah yang ada agar back up database dapodik berjalan dengan lancar.

Selamat mencoba dan salam Dapodik

Posted on 08/01/2014, in Cara Back Up Dapodik 2013, Informasi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: