Cara Menambah Dan Mengurangi Ukuran Partisi Hardisk


partisi01Ada yang mau tahu gak Cara Menambah Dan Mengurangi Ukuran Partisi Hardisk Bagi teman-teman yang belum bisa silahkan baca  artikel yang satu ini secara seksama dan di resapi…. agar ilmunya berkah dan bisa di share kepada orang yang belum bisa….
Partisi dibuat ketika pengguna membuatnya dengan menggunakan utilitas partisi (seperti halnya utilitas DOS/Linux fdisk, fips, Disk Druid, utilitas Windows diskpart, atau produk komersial Symantec Norton Partition Magic) dan memformatnya dengan memberinya sebuah sistem berkas tertentu.Windows 7 dan vista sudah tersedia utilitas partisi, jadi kita tidak akan menggunakan utilitas pihak ketiga seperti norton partion magic dll, buka Control panel dan ketikkan “partisi” di kotak pencarian, buka ajah link yang muncul “Create and format harddisk partitions”

Mengecilkan Ukuran Partisi
Pada layar Manajemen Disk, klik kanan pada partisi yang ingin Anda kecilkan, dan pilih “Shrink Volume” dari menunya.
Dalam kotak dialog “Shrink”, masukkan lah ukuran partisi yang akan kita pakai nantinya, misalnya kita mau membuat partisi baru sebesar 10Gb (dari 50GB), ketikkan 10000 di kotak “Enter the amount of space to shrink in MB:”

Menambah Ukuran Partisi
Pada layar Manajemen Disk, klik kanan pada partisi yang ingin Anda tambah, dan pilih “Extend Volume” dari menunya.

Pada layar ini, kita akan mengembalikan partisi yang telah dikecilkan tadi ke ukurannya semula (50GB) jadi masukkan kembali nilai 10000 ke kotak “Select the amount in MB:”
Demikian cara untuk mengecilkan dah menambah ukuran partisi di windows 7 dan vista, jadi jika kita ingin menambah partisi baru, kecilkan dulu partisi aslinya, kemudian buatlah partisi baru dengan cara klik kanan partisi kosong ( 10000 Unlocated ) dan pilih “New simple volume”. Kemudian jendela baru akan muncul “New simple volume wizard”. Klik Next:
Selanjutnya pada jendela berikut jika kita ingin mengubah ukuran partisi yang akan dibuat nanti, tinggal masukkan ukuran yang baru, jika tidak, klik next.
Pada jendela berikut, kita akan ditunjukan untuk memilih partisi baru apakah menjadi drive E: ataupun kita ingin menjadikannya partisi F: dll. Klik next.

Kemudian kita akan diberikan pilihan untuk memilih jenis partisi apakah mau dibuat dengan partisi FAT,FAT32 ataupun NTFS, dan opsi untuk memformat partisi baru secara cepat ( Perform a quick format ), dan nama partisi. ( Volume Label ). gantilah namanya dengan nama yang anda inginkan, misalnya partisi ini nanti kita akan isi os ubuntu, jadi tuker ajah pake nama Ubuntu Linux, di kotak “Volume label:” sesudah itu klik “Next”.

Di jendela selanjutnya tinggal klik tombol “Finish”, selanjutnya windows 7 akan melakukan proses pemformatan partisi baru yang kita buat, setelah selesai maka akan muncul drive baru di windows explorer atau di my computer, dengan nama drive E: ( jika tadi memilih memakai drive E: ), partisi baru ini siap untuk kita isi dengan operating sistem baru, ataupun untuk menyimpan dokumen dll.

sumber:idwebcom

semoga bermanfaat

Posted on 26/05/2013, in Cara Menambah Dan Mengurangi Ukuran Partisi Hardisk, tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: