Terbaru, Jadwal UKG 2013


Panitia Pelaksana Uji Kompetensi Guru tahun 2013, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPPMP) Kemdikbud menyampaikan pengumuman terkait pelaksanaan Uji Kompetensi Guru tahun 2013. Pengumuman tersebut adalah mengenai Perubahan Jadwal Pelaksanaan Uji Coba Sistem di seluruh TUK tahap 2. Panitia merilis jadwal Uji Coba Sistem UKG 2013 baru menjadi tanggal 23 – 24 Mei 2013.Badan PSDMPK-PMP merupakan Badan yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan uji kompetensi guru tingkat nasional, yang mempunyai tugas diantaranya:

a. Mengembangkan perangkat kerja pelaksanaan UKG online dan manual
b. Mengembangkan sistem dan aplikasi UKG online.
c. Mensosialisasikan rancangan mekanisme pelaksanaan UKG kepada LPMP dan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota.
d. Menyiapkan pendanaan uji kompetensi guru.

Uji kompetensi guru tahun 2013 akan dilaksanakan di tempat uji kompetensi guru yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan persyaratan dan telah diverifikasi oleh LPMP. Tempat UKG dengan menggunakan sistem manual (paper-pencil-test) direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan disetujui oleh Badan PSDMPK-PMP.

Uji kompetensi guru (UKG) dilaksanakan menggunakan dua sistem yaitu paper-pencil-test dan sistem ujian online. Sistem paper-pencil-test dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Kegiatan Uji Coba Sistem di seluruh Tempat Uji Kompetensi Guru (TUK) perlu dilakukan demi kelancaran penyelenggaraan uji kompetensi tahun 2013. Para petugas di lapangan yang menangani masalah teknis perlu memahami prosedur kerja mereka. Selain itu untuk para guru perlunya pengenalan dan pemahaman terhadap sistem UKG 2013, baik UKG Online atau UKG Manual.

Pada setiap tempat UKG ada sekitar 2 (dua) orang petugas yang memfasilitasi pelaksanaan UKG yaitu 1 (satu) orang petugas dari LPMP dan 1 (satu) orang teknisi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setiap tempat UKG akan dipantau oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Kepala Sekolah yang ketempatan sebagai tempat UKG.
Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UKG Online, setiap tempat UKG terdapat 1 orang pembantu koordinator tempat UKG untuk menyelenggarakan kegiatan administratif, dan 1 orang tim teknis untuk mempersiapkan laboratorium komputer, akses jaringan intranet dan internet.

Sementara itu UKG manual biasanya dilaksanakan di sekolah yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota secara serentak pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

Menurut hemat kami bagi para guru calon peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013, uji coba atau try out sistem UKG penting karena para guru harus memahami dengan benar tata cara mengikuti ujian, seperti:bagaimana caranya login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK. Peserta juga nantinya harus melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor.

Para guru mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan. Setiap peserta harus memastikan bahwa soal ujian mata pelajaran yang disiapkan harus sesuai dengan sertifikat pendidiknya. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D).

Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada contoh di atas.Mengganti jawaban beberapakali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya. Itulah beberapa manfaat melakukan uji coba sistem UKG 2013 yang perlu dipahami oleh setiap unsur terkait, terutama guru.

Dengan adanya perubahan Jadwal Uji Coba Sistem UKG 2013, tampaknya penjadwalan uji coba yang sudah disusun di berbagai daerah perlu di-reschedule, menyesuaikan dengan jadwal dari Kemdikbud. Semoga bermanfaat, Amin!

Berikut perubahan jadwal pelaksanaan UKG tahun 2013 terbaru

A. UKG ONLINE
1 Perbaikan Data dan TUK 16 – 22 Mei 2013
2 Uji coba Sistem di seluruh TUK Tahap 2 23-24 Mei 2013
3 Evaluasi hasil uji coba dan Perbaikan Sistem 25-29 Mei 2013
4 PELAKSANAAN UKG ONLINE 3-15 Juni 2013

B. UKG MANUAL
1 Pengambilan Master Soal dan LJK 28-29 Mei 2013
2 Penggandaan Soal 30 Mei – 2 Juni 2013
3 Distribusi Soal 10-11 Juni 2013
4 Pelaksanaan UKG MANUAL 12 Juni 2013
5 Pengiriman LJK 13-15 Juni 2013

– See more at: onlineukg.com dan Badan PSDMPK-PMP Kemdikbud

Posted on 19/05/2013, in Informasi, Terbaru, Jadwal UKG 2013 and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Bagaimana dan kapan bisa mengetahui hasii akhir ukg 2013,…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: