Penemu Internet


Vannevar Bush (11 Maret, 8190 – 30 Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang Memex, yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari “memory extender”), adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada.

Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal saat ini ysitu hypertext.

Dengan danya teori dari Vannevar Bush maka Ted Nelson mulai merintis dan mengembangkan dan mengimplimentasikan teori tersebut. Ide inovatif Vanner Bush untuk mengotomatisasi memori manusia jelas penting di era perkembangan digital, tetapi bahkan lebih penting adalah pengaruh pada institusi ilmu di Amerika. Karyanya untuk menciptakan hubungan antara pemerintah dan pembentukan ilmiah selama Perang Dunia II mengubah cara penelitian ilmiah yang dilakukan di AS dan memupuk lingkungan di mana Internet kemudian dibuat.
Bush lahir pada tanggal 11 Maret, 1890 di Chelsea, Massachusetts. Dia memiliki dua saudara perempuan. Ayahnya adalah seorang pendeta Universalis. Sebagai seorang anak, Bush sakit-sakitan dan kadang-kadang terbaring di tempat tidur untuk membentang waktu yang lama.


Sedangkan pada Tufts Bush menikmati pengalaman pertamanya sebagai penemu. Penemuannya adalah sebuah alat survei tanah ia disebut pelacak profil. Ini tampak seperti sebuah mesin pemotong rumput. Karena didorong atas tanah secara otomatis dihitung elevasi dan menarik peta kasar. Ini memungkinkan satu orang untuk melakukan pekerjaan biasanya dilakukan oleh tiga. Bush pikir ini akan menjadi sukses secara komersial, tapi tidak pernah tertangkap. Dia belajar dari kegagalan ini. Dia belajar bahwa untuk menjadi insinyur nyata ia perlu untuk belajar lebih dari matematika dan fisika. Dia harus belajar bagaimana secara efektif berhubungan dengan orang.

Setelah lulus dari Tufts, Bush pergi bekerja untuk General Electric pengujian peralatan listrik. Dia diberhentikan setelah kebakaran terjadi di pabrik-nya. Ia kemudian mengambil posisi mengajar matematika di adik Tufts ‘kuliah-Clark University di Massachusetts. Itu pada tahun 1914. Tahun berikutnya ia memutuskan untuk kembali ke sekolah sendiri. Ia ditawari sebuah persekutuan besar o $ 1,50 untuk mengejar gelar doktor di bawah seorang profesor bernama Arthur Webster. Webster Bush ingin mengabdikan bekerja doktornya untuk mempelajari akustik. Bush, yang tidak peduli untuk diberi tahu apa yang harus dilakukan, menolak persekutuan. Sebaliknya, ia pergi ke MIT di mana ia menerima gelar doktor di bidang teknik dalam waktu kurang dari satu iklan tahun lalu kembali ke Tufts sebagai asisten profesor.
Bush Differential Analyzer

Bush juga bekerja pada pengembangan mesin yang akan mengotomatisasi pemikiran manusia. Spesialisasi dalam hampir setiap bidang akademis adalah menciptakan kekenyangan informasi. Ada sesuatu yang diperlukan untuk membantu memilah-milah toko tumbuh akumulasi pengetahuan. Dalam mikrofilm tahun 1930 ‘, yang telah ada selama hampir satu abad, yang semakin populer sebagai perangkat penyimpanan, terutama di kalangan pustakawan. Bush, penggemar fotografi, cukup tertarik pada teknologi ini bangkit kembali. Ia mengusulkan untuk membangun sebuah mesin untuk FBI yang bisa meninjau sidik jari 1.000 menit. Mereka menolaknya. Tapi ia terus mengejar visi terakhirnya.

Bush menyebut perangkat Nya menjadi pemilih yang cepat. Ini akan ditempatkan di meja dan bisa menyimpan sejumlah besar informasi tentang mikrofilm. Pengguna dapat memilih dokumen cepat yang kemudian akan diproyeksikan di layar. Pada tahun 1930-an, Bush mengawasi pembangunan empat selektor cepat. Mereka terganggu dengan masalah teknis dan terhalang oleh negara teknologi saat ini, tapi ia merupakan salah satu yang pertama untuk mencoba membangun sebuah prosesor informasi pribadi, dan pengalaman-pengalaman awal memberikan dasar yang solid untuk artikel monumentalnya, “As We May Think. “

Posted on 30/07/2012, in internet, Penemu Internet. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: